Selasa, 28 Juli 2009

Lengkeng Itoh Sulit Berbuah ???

Memang, sampai saat ini jika Anda memiliki Lengkeng jenis Itoh atau Edaw sulit sekali untuk berbuah. Mungkin para pencinta tanaman jenis ini sangat kecewa, dulu sewaktu tanaman diperkenalkan di Indonesia digembar gemborkan varietas Itoh memiliki keistimewaan dari kualitan buah daripada jenis lainnya. Kenyataannya setelah para penghobi mengkoleksi jenis ini dan memeliharanya selama 3 tahun lebih, buah tak kunjung muncul juga. Dari penjual bibit yang dulu mempromosikan jenis ini juga tidak ada semacam pengawalan terhadap produk yang mereka import. Anehnya konon mereka juga tidak berhasil membuahkan itoh di Indonesia.

di pot 40 hari setelah aplikasi bunga keluar


buah kecil mulai terbentuk

Seiring perkembangan, telah beredar dipasaran suatu formula yang bisa memaksa itoh untuk berbuah. Lewat seorang teman yang menjadi distributor formula ini, saya iseng-iseng melakukan eksperimen terhadap 4 pohon itoh saya. Dan luar biasa, dalam kurun waktu 40 hari setelah aplikasi pertama, keluar bakal bunga disetiap tajuk yang ada. Berita ini tentu saja membuat saya gembira, dan dengan cepat saya berikan informasi kepada teman yang juga mengalami hal serupa.

Apa formula itu ??
Formula ini oleh distributor di beri nama Lengkeng booster, terdiri dari 3 formula yaitu 1 kg pupuk dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi dari N, 1000 ml lengkeng Booster, dan 250 ml Asam Amino. Dari satu paket formula ini dapat diaplikasikan untuk 4 pohon itoh dengan umur kurang lebih 3 tahun dari bibit.
Untuk lebih mudahnya dosis yang diterapkan adalah : bagi ke tiga jenis formula tadi ke dalam 4 bagian (karena kita akan mengaplikasikan 4 kali pada 4 tanaman). Aplikasi I dilakukan dengan mencampur ¼ bagian dari formula tadi dengan 1 liter air (kita namakan aja larutan pekat). Selanjutnya kita mendapatkan 1 liter larutan pekat yang harus di siramkan untuk 4 tanaman, sehingga masing-masing tanaman mendapat jatah ¼ liter. Jatah untuk tiap tanaman ini campur dengan 5-10 liter air lagi lalu siramkan ke sekeliling tanaman itoh (mengikuti lebar tajuk daun). Penambahan air sebagai siraman bisa dilakukan setelah aplikasi jika tanah benar-benar kering.
Aplikasi II lakukan setelah 1 minggu aplikasi I, sampai aplikasi IV. Oh ya… jika tanaman belum dewasa atau belum besar, 1 paket formula bisa di aplikasikan pada 5 atau lebih pohon. Demikian juga jika di aplikasikan pada tambulampot itoh, berikan dosis yang rendah dahulu untuk tambulampot, karena jika dosisnya kebanyakan akan menyebabkan tanaman kering dan mati (yang dialami rekan saya). Namun jika aplikasi dilakukan terhadap pohon yang sudah tua dan besar (lebih 5 tahun), mungkin satu paket formula tadi hanya diaplikasikan untuk 1-2 pohon saja).
Jangan lupa pemberian pupuk dengankadar K tinggi pada saat Itoh sudah mulai pentil, biar buahnya lebih manis, renyah dan mak nyusssss.


1- 2 minggu lagi bisa dipanen

Tidak ada komentar: